Pentingnya Gaya Hidup Sehat dan Alami Untuk Muslimah

Siapa sih yang tak mau hidup sehat? Menuju hidup sehat dapat ditempuh dengan banyak cara. Salah satunya melalui pola makan. Menurut para ahli, kunci menjadi sehat adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Singkatnya kita bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan yang tak hanya mengandung banyak kalori, tapi kaya nutrisi. Berikut ini tips-tips yang dapat REYDies ikuti untuk hidup sehat.

1. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi
Tubuh membutuhkan hampir 40 jenis nutrisi agar tetap sehat. Tentunya, itu tidak didapat dari suatu jenis makanan saja. Oleh karena itu, pilihan makanan sehat yang mencakup karbohidrat, buah-buahan, sayuran, produk susu, daging, ikan, dengan porsi yang sesuai dan seimbang. Ingat! Makan berlebihan pun sangat tidak baik untuk kesehatan.

2. Atur Berat Badan Seimbang
Tidak harus langsing bak para model, kamu hanya harus memiliki berat badan seimbang dan proporsional. Seperti yang diketahui bahwa obesitas hanya membawa penyakit dan kita pun akan sulit menikmati hidup. Tekanan darah tinggi, sakit liver, diabetes, stroke, jantung koroner dan kanker adalah beberapa dari jenis penyakit yang bisa menyerang REYDies dengan berat badan yang berlebih. Begitu pun dengan tubuh kurus. Terlalu kurus bisa menyebabkan osteoporosis atau penyakit peroposan tulang lebih cepat, sakit maag dan pencernaan juga biasanya lebih cepat menyerang orang yang memiliki berat badan kurang.

3. Makan dan Minum Secara Teratur
Kesibukan hijabers mungkin menjadi bagian kehidupan setiap hari. Namun sebaiknya, jangan sampai melewatkan jam makan. Hal ini hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang dan hasilnya rasa lapar akan semakin hebat yang akhirnya mendorong hijabers makan berlebihan. Beberapa kasus membuktikan bahwa melewatkan jam makan mengakibatkan selera makan hilang. Akibatnya lambung seperti maag, mudah sekali menyerang. Rasa lapar berlebihan juga bisa membuat hijabers lupa mengontrol jenis makanan yang masuk dan hijabers pun akan dengan mudah memilih makanan tidak sehat. Apabila hijabers suka makanan kecil atau mengemil, pastikan cemilan hijabers tidak mengandung banyak minyak, lemak, serta pastikan kebersihannya.

4. Lakukan Olahraga Sebisa Hijabers
Hijabers tidak  harus menjadi anggota sebuah tempat fitnes atau meluangkan waktu ke gym setiap hari. Namun, jika hijabers bisa melakukannya tentu malah membebani dan membuat hijabers tidak enjoy melakukannya. Cobalah olahraga yang santai, bahkan tidak terasa seperti sedang berolahraga. Misalnya berjalan kaki dari jalan utama sampai masuk ke rumah hijabers,  tentunya dengan mempertimbangkan jarak. Memilih naik tangga dari pada naik lift jika ruangan tujuan hijabers tidak terlalu tinggi, misalnya di lantai 3 atau 4. Bisa juga luangkan waktu selama 10 menit untuk jalan santai keliling pemukiman rumah hijabers setiap hari setelah bangun tidur, yang terpenting adalah hijabers rutin melakukan, boleh setiap hari atau dua hari sekali.

5. Jauhi Stres dan Pikiran Negatif
Memiliki beban stres dan pikiran negatif hanya akan merusak tubuh secara perlahan-lahan. Stres dan mudah berpikiran negatif juga membuat penyakit betah bersarang di tubuh kita. Coba saja perhatikan orang-orang yang sehat dan bugar di sekitar hijabers, mereka rata-rata adalah orang yang selalu riang dan ramah. Hijabers tahu sekaya atau setenar apa pun seseorang, pasti memiliki masalah dengan kadar tingkat yang berbeda-beda. Jika demikian, mengapa harus terus berlarut-larut dalam beban pikiran? setiap masalah pasti ada solusinya.

Penulis        : Irene
Sumber        : https://warasmedia.com/pentingnya-gaya-hidup-sehat-dan-alami-untuk-muslimah.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *