Mengenal Apa Itu Probiotik dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas adalah kegunaan probiotik yang paling populer saat ini. Probiotik memang ada secara natural di dalam tubuh kita. Akan tetapi, Anda juga bisa mendapatkan probiotik dari makanan, minuman, dan suplemen.

Probiotik sudah mulai dikenal sejak awal-awal abad ke-20, di mana Elie Metchnikoff, atau yang lebih sering dikenal sebagai bapak probiotik, menemukan bahwa penghuni perdesaan Bulgaria dapat hidup dalam jangka waktu yang sangat lama meskipun mereka hidup dengan kelaparan yang ekstrem dan cuaca yang buruk. Elie berteori bahwa mereka dapat tetap bertahan hidup karena memanipulasi mikroorganisme yang terdapat pada sistem pencernaan mereka. Caranya adalah dengan mengonsumsi susu asam yang mengandung bakteri-bakteri baik bagi tubuh mereka. Sejak saat itu, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan penemuan Elie di bidang probiotik.

Para peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana sebenarnya bakteri ini bekerja. Berikut beberapa cara yang membuat probiotik berguna bagi kesehatan Anda:

  • Ketika Anda mengonsumsi antibiotik, maka bukan bakteri yang buruk saja yang terbunuh, tetapi seluruh bakteri baik yang baik maupun buruk akan ikut terbunuh. Dengan mengonsumi makanan atau suplemen yang mengandung probiotik, tubuh Anda akan dapat mengembalikan bakeri-bakteri baik yang terbunuh.
  • Probiotik dapat membantu tubuh Anda menyeimbangkan antara bakteri yang baik dan buruk dalam tubuh Anda, sehingga tubuh Anda dapat bekerja seperti sebagaimana mestinya.

Ada banyak bakteri yang dapat diklasifikasikan sebagai probiotik. Semua bakteri tersebut memiliki manfaat yang berbeda, tetapi hampir seluruh bakteri tersebut masuk ke dalam 2 grup yang sama:

  • Lactobacillus. Bakteri di dalam grup ini adalah mungkin bakteri yang paling banyak ditemukan di produk probiotik. Bakteri di grup ini adalah bakteri yang Anda temui di yoghurt atau makanan fermentasi lainnya. Beberapa bakteri di kategori ini dapat mencegah diare dan membantu orang-orang yang mengidap intoleransi laktosa.
  • Bifidobacterium. Bakteri di dalam grup ini biasa ditemukan di makanan berbasis susu. Bakteri di kategori ini dapat meringankan tanda-tanda pada penyakit seperti irritable bowel syndrome (IBS) atau gangguan pada sistem pencernaan.

Probiotik membantu makanan yang Anda konsumsi dicerna oleh sistem pencernaan Anda. Sampai saat ini, peneliti masih mencoba terus mengobservasi penyakit apa yang paling tepat diobati oleh probiotik. Beberapa penyakit yang dapat dibantu oleh probiotik adalah:

  • irritable bowel syndrome
  • inflammatory bowel disease (IBD), yaitu radang usus besar dan usus halus
  • infeksi diare (bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit)
  • diare yang disebabkan oleh antibiotik

Selain berpengaruh pada pencernaan Anda, probiotik juga dapat berpengaruh pada bagian tubuh Anda yang lain, seperti:

Sumber: https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/7-makanan-sumber-probiotik-bakteri-baik/#gref

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *